Interaksi Manusia dan Komputer - part 3 (Manusia) bag.1

Pengertian Manusia
Manusia adalah makhluk hidup yang memiliki kemampuan berpikir, merasakan, dan bertindak secara sadar. Manusia memiliki tubuh yang kompleks dengan berbagai organ dan sistem yang berfungsi untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Selain itu, manusia juga memiliki kemampuan untuk berkembang dan belajar dari pengalaman serta mampu berinteraksi dengan lingkungannya.

Kapasitas Manusia
1.    Penginderaan / Panca indra
    • Penglihatan/Mata
      • Ketajaman Pandangan adalah kemampuan untuk mempresepsikan detil yang baik (terbatas)
      • Ketajaman pandangan dipengaruhi :
        • Brightness (kecemerlangan cahaya)
        • Luminance (kejelasan)
        • Flicker (kedip)
      • Ketajaman cahaya dipengaruhi warna :
        • Hue (corak)
        • Intensity (intensitas)
        • Saturation (jumlah putih pada warna)
      • Pergerakan
      • Usia
    • Pendengaran/Telinga
      • Sistem auditory (berhubungan dengan pendengaran) memiliki kapasitas sangat besar untuk mengumpulkan informasi lingkungan sekitar.
      • Sistem auditory melakukan filtering suara.
      • Suara diakibatkan oleh getaran-getaran yang menimbulkan gelombang-gelombang tekanan.
      • Manusia dapat mendengar suara dengan frekuensi 20Hz - 15 Khz
      • 3 Komponen utama :
        • Pitch atau frekuensi suara
        • Loudness atau amplitudo (lebar atau kekuatan suara)
        • Timbre atau jenis dan kualitas suara
    • Peraba
      • Manusia menerima stimuli melalui kulit. Kulit memiliki 3 jenis sensor penerima (sensory receptor), yaitu :
        • Thermoceptor untuk merespon panas atau dingin
        • Nociceptor untuk merespon rasa sakit
        • Mechanoceptor untuk merespon pada tekanan
2.    Kognisi & sistem motor, mengontrol aksi / respon (pergerakan, kecepatan, kekuatan)
  • Memori
    • Senesory Memory yaitu memori untuk merasakan, merupakan buffer (penyangga) untuk stimulasi (rangsangan), seperti :
      • Iconic Memory untuk rangsangan pengelihatan
      • Echoic Memory untuk rangsangan pendengaran
      • Haptic Memory untuk rangsangan peraba
    • Sensory Memory mampu menyimpan sejumlah besar informasi selama durasi yang pendek, namun tidak punya kemampuan unruk memprosesnya.
    • Short Term Memory (STM)
      • Instan, akses cepat untuk recall (pemanggil kembali) sementara
      • Kapasitas sangat terbatas -"7 +-2" digit atau kumpulan informasi
      • "Chunking" e.g : 081 2838 1243
      • Mudah hilang
    • Long Term Memory (LTM)
      • Kapasitasnya tak terbatas
      • Perlu waktu/usaha untuk menyimpan dan mengambil
      • Ada 2 macam : episodik (berurutan) dan semantik (terstruktur)
    • Implikasi Desain
      • Jangan membuat pengguna mengingat prosedur-prosedur yang rumit
      • Batasi jumlah item di menu
      • Rancang antarmuka yang lebih mengutamakan pengenalan (recognition) daripada recall
      • Berikan pengguna sumber daya untuk membantu mereka secara visual mengkodekan informasi (warna, icon, time stamps, etc.)
  • Perhatian (atensi)
    • Dari semua kemungkinan yang tersedia, memilih mana yang menjadi konsentrasi
    • Scanning (pemindaian) visual atau auditory
      • Visual : fokus pada satu objek tertentu, yang lain menjadi kabur (tidak penting); mencari objek
      • Auditory : memilah suara dari noise/bising sekitar, dari suara-suara lain
    • Faktor-faktor yang memudahkan fokus pada hal yang tepat :
      • Penetapan tujuan
      • Tampilan informasi
    • Implikasi Desain
      • Informasi yang relevan dengan tugas yang sedang dikerjakan mesti menarik perhatian
      • Teknik grafis seperti tata letak, urutan, organisasi, garis bawah, warna, animasi, dapat dimanfaatkan untuk mencapai tujuan ini.
      • Tetapi jangan lantas terlalu membumbui antarmuka : yang biasa (plain) saja mungkin lebih mudah dipakai.
    • Fokus Atensi
adapun kelanjutannya akan di bahas pada part selanjutnya Part 3 (Manusia) bag.2
  • Persepsi dan Pengenalan
  • Pembelajaran
  • Pemecahan Masalah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Interaksi Manusia dan Komputer - part 14 (GROUPWARE - Computer Supported Cooperative Work)

Interaksi Manusia dan Komputer - part 12 (Teknik Evaluasi)

Interaksi Manusia dan Komputer - part 13 (Ukuran Kepuasan Pengguna)