Interaksi Manusia dan Komputer - Part 3 (Manusia) bag.2

Melanjutkan dari Part 3 (Manusia) bag.1
  • Persepsi
    • Memperoleh informasi dari lingkungan menggunakan indra-indra yang berbeda.
    • Hasil gabungan antara pengalaman internal yang dipicu dari event-event eksternal.
    • Penglihatan (visi) atau indra visual adalah indra dominan dari orang yang melek.
    • Sulap ilusi, mengalihkan atensi dengan mis-direksi (menuntun ke arah yang "salah") visi yang membangkitkan persepsi.
      Ilusi Muller Lyer
      Ilusi Ponzo










    • Implikasi Desain
      • Icon-icon harus dirancang sedemikian rupa sehingga pengguna dapat membedakan/memilah makna-maknanya.
      • Suara harus terdengar cukup jelas dan menjadi pembeda antara suara selesai mengerjakan dengan suara kejelekan.
      • Teks harus terbaca dan dapat dibedakan dari latar
        • Ukuran
        • Warna
        • Letak
        • Spasi
  • Pembelajaran
    • Memperoleh pengetahuan atau keterampilan baru
    • Exploratory learning - learning by doing
  • Problem Solving dan Reasoning
    • Aktivitas yang sadar atau refleksi
    • Berpikir kembali tentang satu pilihan
    • Menentukan pilihan atau solusi terbaik
    • Membuat perencanaan
    • Menimbang keuntungan dan kelemahan
    • Implikasi Desain
      • Sediakan Informasi dan bantuan
      • Akan lebih baik jika Problem Solving dan Reasoning itu tidak diperlukan lagi
      • Analog dengan "Pesan kesalahan yang deskriptif dan kontekstual, yang memungkinkan pengguna mengetahui dimana ia melakukan kesalahan, dan melakukan koreksi atas kesalahan tersebut"
      • Akan lebih baik lagi, bila antarmuka mampu mencegah pengguna melakukan kesalahan
      • Contoh : Google mencari teks yang salah eja
google mencari teks yang salah eja


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Interaksi Manusia dan Komputer - part 14 (GROUPWARE - Computer Supported Cooperative Work)

Interaksi Manusia dan Komputer - part 12 (Teknik Evaluasi)

Interaksi Manusia dan Komputer - part 13 (Ukuran Kepuasan Pengguna)