Interaksi Manusia dan Komputer - Part 3 (Manusia) bag.2
Melanjutkan dari Part 3 (Manusia) bag.1
- Persepsi
- Memperoleh informasi dari lingkungan menggunakan indra-indra yang berbeda.
- Hasil gabungan antara pengalaman internal yang dipicu dari event-event eksternal.
- Penglihatan (visi) atau indra visual adalah indra dominan dari orang yang melek.
- Sulap ilusi, mengalihkan atensi dengan mis-direksi (menuntun ke arah yang "salah") visi yang membangkitkan persepsi.
- Implikasi Desain
- Icon-icon harus dirancang sedemikian rupa sehingga pengguna dapat membedakan/memilah makna-maknanya.
- Suara harus terdengar cukup jelas dan menjadi pembeda antara suara selesai mengerjakan dengan suara kejelekan.
- Teks harus terbaca dan dapat dibedakan dari latar
- Ukuran
- Warna
- Letak
- Spasi
- Pembelajaran
- Memperoleh pengetahuan atau keterampilan baru
- Exploratory learning - learning by doing
- Problem Solving dan Reasoning
- Aktivitas yang sadar atau refleksi
- Berpikir kembali tentang satu pilihan
- Menentukan pilihan atau solusi terbaik
- Membuat perencanaan
- Menimbang keuntungan dan kelemahan
- Implikasi Desain
- Sediakan Informasi dan bantuan
- Akan lebih baik jika Problem Solving dan Reasoning itu tidak diperlukan lagi
- Analog dengan "Pesan kesalahan yang deskriptif dan kontekstual, yang memungkinkan pengguna mengetahui dimana ia melakukan kesalahan, dan melakukan koreksi atas kesalahan tersebut"
- Akan lebih baik lagi, bila antarmuka mampu mencegah pengguna melakukan kesalahan
- Contoh : Google mencari teks yang salah eja
google mencari teks yang salah eja |
Komentar
Posting Komentar